Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 08 Maret 2023

HAIS Kolaborasi Dengan ITS Mengadakan Kompetisi Desain Photovoltaic


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (“Perseroan”; IDX ticker: “HAIS”) dan Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan - Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya (“FTK-ITS”) serta melibatkan galangan pembuat kapal sebagai mitra HAIS, berkolaborasi menggelar acara final  kompetisi desain solar panel dengan tema Photovoltaic on Tugboat Design Competition, di Hotel HARRIS & Conventions Gubeng, Surabaya. 

Kompetisi ini diadakan untuk mendapatkan konsep desain photovoltaic (PV) yang solutif dan inovatif, yang akan diimplementasikan pada Armada tugboat  baru milik HAIS, yang akan di bangun pada tahun 2023.

Acara final  kompetisi ini diikuti oleh 10 tim terbaik dari berbagai Universitas di Indonesia, yang merupakan hasil seleksi terhadap 30 tim yang telah menyerahkan karya mereka.  

Sedangkan jumlah keseluruhan tim yang mendaftar saat kompetisi ini di buka, adalah sejumlah 56 tim.  

Direktur HAIS, Soma Ariyaka mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya perseroan dalam meningkatkan semangat inovasi bagi generasi muda, khususnya mahasiswa, akan perkembangan Energi baru Terbarukan.

"Dan juga bagian dari upaya perseroan dalam mengimplementasikan Environment, Social, and Government pada berbagai aktivitas perseroan," kata Soma Ariyaka, Rabu (8/3).

Sementara Dekan FTK, Trika Pitana menambahkan kegiatan lomba seperti ini sangat mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yaitu program merdeka belajar dan kampus merdeka (MBKM).

"Salah satunya keikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan lomba, yang nantinya dapat dikonversi pada salah satu mata kuliah," jelas Trika Pitana.

Hal yang sama juga dikatakan Kepala Departemen Teknik Sistem Perkapalan (ITS), Beny cahyono. 

Menurutnya dalam menghadapi era 4.0, kegiatan ini merupakan sebagai salah satu inisiator.

Makanya Ia berharap adanya kolaborasi dengan industri ini bisa dilakukan dengan baik untuk meningkatkan kejayaan industri maritime Indonesia.

"PT. Hasnur Internasional Shipping Tbk, akan terus mendorong kegiatan-kegiatan kolaborasi antara akademisi dan praktisi agar tetap dapat dikembangkan di kemudian hari," pungkas Beny.

0 komentar:

Posting Komentar