Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 13 November 2018

Komandan Pusdikpel Kodiklatal Buka Lattek menembak Meriam dan Demolisi


KABARPROGRESIF.COM : (Probolinggo) Komandan Pusat Pendidikan Pelaut (Danpusdikpel) Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Kodiklatal Kolonel Laut (P) Tunggul secara resmi membuka Latihan Praktek (Lattek) menembak meriam dan demolisi Siswa Pusdikpel yang dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Pantai Paiton Probolinggo Jawa Timur.

Hadir dalam pembukaan lattek Tersebut Komandan Sedkolah Sedvnjata Bawah Air (Dansesenbar) Letkol Laut (P) Hasto Sarwono, S.T., M.Tr (Hanla), Komandan Sekolah Navigasi dan Bahari (Dansenavbah) dan Komandan Sekolah Artileri (Danseart) serta para Kabag dan dilingkungan Pusdikpel Kodikopsla Kodiklatal.

Lattek menembak meriam dan demolisi  yang akan berlangsung selama lima hari tersebut melibatkan 114 personil dengan rincian Antap dan pendukung 41 orang, Siswa Dikspespa SAA dan  SBA 13 orang, Siswa Dikmata Amo dan Mer 30 orang dan Siswa Dikmata Angkatan XXXVIIIGelombang I kejuruan Nav Bah 30 orang.

Komandan Pusdikpel Kodikopsla Kodiklatal Kolonel Laut (P) Tunggul dalam sambutanya menyampaikan bahwa tujuan dari latihan praktek menembak ini adalah untuk memberikan pengalaman praktek dilapangan kepada para siswa, yang merupakan penjabaran dari teori yang sudah diterima di kelas kemudian  diaplikasikan dalam bentuk latihan praktek yangmeliputi pemeliharaan senjata dan penguasaandalampenembakan maupun peledakan, sehingga para siswa  mampu menjadi operator dan pembantu operator yang handal dan profesional

Menurutnya untuk mencapai tujuan tersebut, para siswa akan dilatih untuk menyiapkan amonisidan bahanpeledak yang akan digunakan selama latihan praktekdan melaksanakan praktek menembak meriam40 mm, meriam 37 mm,  metraliur 12,7 mm dan melaksanakan peledakan detonator, sumbu api,cortex,tntdanc four.

Perlu saya tegaskan jangan ada anggapan tentang latihan ini hanyalah sebuah rutinitas dan formalitas, itu tidak benar sama sekali. Dalam latihan praktek menembak dan demolisi diperlukan ketelitian, kesungguhan, keseriusan dan kedisiplinan yang tinggi. Sehingga tujuan dan sasaran dari latihan praktek ini dapat tercapai dengan baik dan aman.” Tegas Pamen Melati tiga dipundak ini.

Berkaitan dengan kegiatan tersebut Danpusdikpel Kodiopsla Kodiklatal ini  berharap agar para peserta sevnantiasa berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa sebelum melaksanakan kegiatan, melaksanakan latihan dengan penuh keyakinan dan dedikasi yang tinggi,

mengikuti setiap petunjuk instruktur dan pelatih serta laksanakan segala kegiatan dengan mengikuti prosedur dan ketentuan-ketentuan yang berlaku secara cermat dan benar.Selain itu menghindari segalakemungkinan yang mengakibatkankecelakaandan kerugianbaik personil maupun material.

Disisi lain Komandan Sesenbar Letkol Laut (P) Hasto Sarwono, S.T., M.Tr (Hanla) berpesan kepada Siswsa Dikspespa SBA bahwa latihan praktek tersebut merupakan pengalaman berharaga sebelum lulus dari Kodiklatal. Oleh sebab itu dengan keterbatasan waktu agar para siswa memanfaatkan kesempatan Lajttek tersebut sebaik-baiknya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar