Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 16 Agustus 2017

Sambut Hari Kemerdekaan RI SMP.Muhammadiyah 5 Pucang Gelar Lomba Ketik Proklamasi


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 , SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya menggelar Lomba mengetik Naskah Proklamasi dengan menggunakan sebuah mesin ketikanual.Dalam lomba tersebut tidak hanya siswa - siswi dan remaja lainnya termasuk “Generasi Gadget”,

Menurut Sulistyowati selaku Guru PKN menjelaskan, dalam kehidupan ini tidak lepas dari penggunaan pirati tehnologi. Remaja saat ini sangat fasih mengoperasikan layar sentuh pada smartphone dan tabletnya, juga mahir memainkan jarinya pada keybord laptop dan komputer.

 " Pada jaman globalisasi teknologi digital apakah peranan siswa - siswi masih bisa menggunakan mesik ketik manual." katanya pada acara gelar lomba pada selasa (15/8/2017).

Sulistyowati menerangkan, kegiatan lomba tersebut untuk mengukur siswa - siswi sampai sejauh mana remaja kita tahu dan bisa menggunakan mesin ketik manual.

 " Lomba mengetik naskah Proklamasi mirip dengan aslinya. Seperti kita ketahui bersama bahwa nahkah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945 diketik menggunakan mesin ketik manual, yang merupakan piranti tehnologi yang ada saat itu." ujarnya.

Sulistyowati berharap Melalui lomba ini  siswa dapat menghayati betapa perumusan dan pengetikan naskah proklamasi tidak semudah tehnologi saat ini. Dulunya naskah proklamasi harus diketik manual kemudian diperbanyak menggunakan kertas sid atau diketik lagi berkali-kali, lalu naskah proklamasi kemerdekaan RI tersebut disebarluaskan ke seluruh wilayah Indonesia menginformasikan jika bangsa Indonesia telah merdeka dari penj ajahan bangsa asing.

" Lomba di atas adalah bagian dari rangkaian kegiatan sekolah dalam rangkah memperinggati HUT Kemerdekaan RI ke-72. Lomba ini terkesan sangat unik dan kreatif yang berusaha mendekatkan siswa pada situasi asli bagamana proses kemerdekaan itu diperoleh. Termasuk proses perumusan dan pengetikan naskah proklamasi yang dilakukan oleh Sayuti Melik, yang dikoreksi soekarno dan didampingi oleh BM Diah (wartawan senior)." pungkasnya. (Dji)

0 komentar:

Posting Komentar