Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 23 November 2017

Lanal Yogyakarta Selenggarakan Komsos TNI di Kulonprogo


KABARPROGRESIF.COM : (Yogyakarta) Untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan komponen masyarakat, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V menyelenggarakan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI tahun 2017 yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna, Komplek Pelabuhan Tanjung Adikarto, Karangwuni, Wates, Kulonprogo, Kamis (23/11).

Komsos TNI tahun ini mengusung tema “Melalui Komsos TNI matra Laut kita jalin silaturahmi antara TNI dengan Komponen Masyarakat”,  merupakan salah satu penerapan kegiatan dari staf Potensi Maritim yang dilaksanakan oleh Lanal Yogyakarta.

Acara tersebut diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-72 TNI Angkatan Laut tahun 2017. Dihadiri lebih kurang 250 orang,  antara lain para Perwira Staf, Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lanal Yogyakarta, para pejabat Pemerintah Daerah, TNI-Polri serta masyarakat Kabupaten Kulonprogo lainnya.

Acara diawali dengan sambutan Komandan Lanal Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M.Pd., sekaligus membuka acara Komsos TNI Matra Laut tersebut. Dalam sambutannya Danlanal Yogyakarta menyampaikan bahwa kegiatan Komsos TNI Matra Laut tahun 2017 ini dilaksanakan masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-72 TNI Angkatan Laut tahun 2017.

Hal ini merupakan wujud Komunikasi Sosial TNI dengan komponen masyarakat dalam meningkatkan kemanunggalan antara TNI umumnya dan TNI Angkatan Laut khususnya dengan rakyat.

Ia berharapkan dengan dilaksanakan giat Komsos TNI  ini sebagai aplikasi silaturahmi, yang merupakan langkah efektif untuk meningkatkan komunikasi antara komponen masyarakat sehingga dapat menyamakan pemahaman dengan saling bertukar informasi, serta mengurangi sikap saling curiga satu sama lain.

Arya -panggilan akrab Danlanal Yogyakarta, juga menyampaikan bahwa Komsos TNI ini- merupakan wujud Dharma Bakti TNI khususnya TNI Angkatan Laut, guna membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kebersamaan masyarakat yang pada masa sekarang ini rentan dengan timbulnya perselisihan, seiring dengan kemajuan tekhnologi dan perkembangan global yang dapat memecah belah masyarakat sebagai salah satu komponen Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal ini sesuai tugas pokok TNI dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang peran TNI sebagai Alat Negara di Bidang Pertahanan yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan Politik Negara, maka kegiatan TNI khususnya Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta ini juga merupakan salah satu bentuk kecintaan dan kepedulian kita terhadap masyarakat sekitar.

Disampaikan juga bahwa giat Komsos ini dimaksudkan untuk lebih membangkitkan semangat memotivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Kulonprogo untuk peduli dan hidup dalam kebersamaan seperti moto “Kulonprogo Binangun” yang salah satunya berarti “Guyub”.

Sedangkan Bupati Kulonprogo dalam sambutannya yang dibacakan  Camat Wates, Ir. Hj. Aspiah, M. Si., menyampaikan kami mengapresiasi dengan adanya kegiatan Komsos TNI, semoga TNI Angkatan Laut diterima lebih luas lagi oleh masyarakat,  karena TNI Angkatan Laut keberadaannya yang lebih banyak di laut.

Bupati berharap kepada nelayan tetap semangat tinggi dan letakkan harapan besar. Ucapan terima kasih kepada Komandan Lanal Yogyakarta yang telah menyelenggarakan Komsos TNI matra Laut, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat terutama nelayan.

Acara inti dari Komsos TNI Matra Laut tersebut, diisi dengan Sosialisasi tentang Hukum Laut kepada para peserta Komsos oleh Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta, Letkol Laut (P) Siswo Widodo, S.T.,  sebelumnya terbih dahulu dilaksanakan Penyerahan secara simbolis bahan kontak berupa sembako dari Danlanal Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M. Pd., kepada perwakilan nelayan.(arf)

0 komentar:

Posting Komentar