Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 24 November 2017

Peringati Hari Armada 2017, Lantamal V Motori Bersih-bersih Kalimas


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Pada peringatan hari Armada RI tahun 2017 ini,  Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V)  ditunjuk panitia pusat Hari Armada untuk menjadi motor penggerak Event tahunan Program Kalimat Bersih (Prokasih) yang dibuka pelaksanaannya Jumat, (24/11).

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) V Surabaya Kolonel Marinir Nana Rukmana, S.E., mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., menghadiri upacara pembukaan Prokasih yang dilaksanakan yang dilaksanakan di dermaga kalimat samping Rumah Jabatan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur, Jalan Yos Sudarso Surabaya.

Kasarmatim Laksamana Pertama TNI Robert Walter Tappangan, S.H., menjadi Inspektur Upacara, sedangkan Komandan Upacara di percayakan kepada Letkol Laut (P) Erwin Herdianto Pabanops Sops Lantamal V. Pasukan upacara terdiri dari satu peleton Koarmatim, satu peleton Kodiklatal, satu peleton AAL, satu peleton Pasmar 1, satu peleton Lantamal V, satu peleton gabungan Kodim,Lanud Surabaya dan Polrestabes Surabaya, satu peleton Saka Bahari.

Prokasih ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Armada tahun 2017 pada 5 Desember mendatang di motori Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) yang ditunjuk panitia pusat Hari Armada untuk membidangi bersih-bersih kali milik warga Surabaya ini.

Usai melaksanakan upacara, para pejabat teras TNI AL wilayah Surabaya, pejabat terkait Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya dengan menggunakan perahu karet melaksanakan  peninjauan lokasi sepanjang Kalimas mulai dari Monumen Kapal Selam hingga muara di pelabuhan Tanjung perak.

Bersih-bersih Kalimas dalam rangka memperingati HUT Armada RI 2017 dan Hari Pahlawan kali ini,  mengusung tema “Dengan semangat hari Pahlawan dan hari Armada 2017 TNI AL dan rakyat Surabaya bertekad  menjadikan kota Surabaya Green & Clean”.

Pembersihan dan normalisasi Kalimas  sejauh 6,5 Km dibersihkan dari sampah yang telah lama menggendap didasar sungai oleh sedikitnya 5.500 prajurit TNI AL dan warga Kota Surabaya.

Sampah dari dalam sungai tersebut diangkut dengan menggunakan truk sampah sebanyak 25 unit, yang berasal dari Koarmatim, Lantamal V, BBWS Brantas, Jasa Tirta, DKP, Dinas PU dan Pasmar 1.

Menurut Ketua Panitia Prikasih 2017 yang juga Asisten Operasi Danlantamal V,  Kolonel Laut (P) Aris Harjadi menjelaskan bahwa Prokasih kali ini berlangsung cukup panjang,  mulai 20 oktober hingga 4 Desember.  Program ini tidak hanya pemberauhan kali dari Sampah di lermukaan,  namun lebih kepada normalisasi kalimas dengan pengerukan lumpur dan sedimentasi lainnya.

Untuk itu,  panitia telah bekerjasama dengan BBWS Brantas, PU Binamarga,  Pemkot Surabaya dan pihak terkait lainnya untuk bersma-sama menyiksakan Prokasih Kalimat ini.

"Ada empat unit Exavator dan tiga unit Ponton, 25 tuck,  kendaraan roda 3 juga dilibatkan pada program kalimas bersih ini, " terangnya.

Prokasih kali ini dibagi menjadi lima zona, tiap-tiap zona di bawah satu komando perwira berpangkat Kapten untuk memudahkan koordinasi dilapangan. Zona 1 dari Kediaman Panglima–Jembatan Undaan Kulon. Zona 2 dari Jembatan Undaan Kulon – Jembatan Peneleh (Jl. Achmad Jais) akan melaksanakan Pemotongan rumput liar yang tumbuh di sungai.

 Zona 3 dari Jembatan Peneleh (Jl. Achmad Jais) – JMP (Jl. Kembang Jepun). Zona 4 dari JMP (Jl. Kembang Jepun) – JembatanPetekan dan Zona 5 dari Jembatan Petekan – Sepanjang Pati Unus.

Para Penanggung jawab ini akan mengkoordinir seluruh kegiatan yang ada di masing-masing zona dengan melaksanakan pengerukan lumpur, pemotongan rumput liar yang merambat pada pinggir sungai serta dahan pohon yang menjorok ke sungai, Pemungutan sampah yang bertebaran di sungai, Pemangkasan tanaman yang merambat di reling / Pagar.

Instansi yang terlibat antara lain Koarmatim, AAL, Kodiklatal, Lantamal V, Satlinlamil Surabaya, Pasmar I, Upt Mabesal, Kodim-0830,0831&0832, TNI  AU, Polrestabes & Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Pemkot Surabaya, Terminal Peti Kemas SBY (TPS), Balai Besar Wil Sungai Brantas, Jasa Tirta Sby, Saka Bahari dan warga yang tinggal disekitar aliran sungai Kalimas.

Sejak dilaksanakan pengerukan sungai kalimas mulai dari tanggal 20 Oktober 2017 sampai dengan saat ini telah diangkut hasil pengerukan sebanyak 829 rit yang semuanya di tampung di dermaga II Semampir Ujung Surabaya.

Selain Prokasih, TNI AL Wilayah Timur khususnya di Surabaya juga melaksanakan bersih-bersih komplek perumahan dinas yang dilaksanakan pada hari minggu tgl 26 November 2017 dan hari Sabtu tgl 2 Desember 2017.

Ada 10 komplek perumahan antara lain  Komplek Perumahan DBAL, Wonosari, Jl.Tanjung, Pulungan, Semolowaru, Lanudal, Gunungsari, Gedangan, Kenjeran, Kandangan dan Karang Pilang.

Hadir dalam acara tersebut Wadan Kodiklatal, Wagub AAL, Komandan Kodik Opsla, Kadispsial, para Direktur Kodiklatal, Asisten I Kota Surabaya, para Asisten Pangarmatim, Asintel Danlantamal V, Asops Danlantamal V, Aspers Danlantamal V,  Asmin Kogartap III/ Surabaya, perwira Kodam V / Brawijaya dan tamu undangan lainnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar