Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 26 November 2017

Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX Latih Siswa Program Prefesi Ners Stikes Maluku Husada


KABARPROGRESIF.COM : (Ambon) Tim Evakusi Medis Laut Lantamal IX dalam menjadikan Mahasiswa yang profesional, produktif, kreatif dan inovatif serta berwawasan kebaharian Sebanyak 73 siswa Program Profesi Ners Angkatan III STIKes Maluku Husada menerima pelatihan Evakuasi Medis Laut, bertempat di laut belakang Gedung Fasharkan Lantamal IX Ambon. Sabtu, (25/11/2017).

Karumktal dr. F.X Suhardjo Lantamal IX Letkol Laut (K) Ali Setiawan, Sp.B., menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting, karena dimana wilayah Maluku sebagian besar adalah lautan dan tidak menutup kemungkinan adanya pertolongan pada korban kecelakaan di laut maupun tenggelam.

Selain itu tujuannya adalah mendukung Program profesi Ners dalam hal mempersiapkan mahasiswa dalam bentuk pengalaman belajar lapangan secara komperhesif, selain itu menambah wawasan mahasiswa dalam penyelamatan kecelakaan di laut maupun korban tenggelam, pada saat itu perlu adanya evakuasi ke tempat aman.

“Didalam latihan evakuasi medis laut dibagi menjadi 2 tindakan yakni penyelamatan perorangan dan tim”. Ujar, Karumkital.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa penyelamatan korban tenggelam secara perorangan dengan jarak berenang 20 Meter sekaligus melakukan penyelamatan korban tenggelam dan dibawa menuju ke darat. Sedangkan pernyelamatan secara tim dimana satu orang terlebih dahulu berenang untuk menolong korban, kemudian 3 orang lainnya berenang dengan membawa tandu air untuk mengevakuasi korban ke tempat yang aman untuk mendapatkan pertolongan di darat.

Diharapakan seluruh mahasiswa Program Profesi Ners Angkatan III STIKes MalukuHusada dapat memahami pelajaran yang disampaikan, dimana dapat melaksanakan pertolongan yang sesungguhnya apabila terjadi kecelakaan di laut serta dibutuhkan Evakuasi Medis Laut. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar