Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 26 Agustus 2016

Pertajam Kemampuan Patroli, Satkamla Lantamal V Uji Coba Sea Raider Baru



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Setelah selasa lalu Sea Raider diresmikan penggunaannya oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.A.P, Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal V langsung tancap gas dengan melakukan uji coba Sea Raider barunya di Kolam Koarmatim dan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Jumat (26/8) pagi.

Dalam uji coba tersebut, Dansatkamla Lantamal V Letkol Laut (P) Stanley Lekahena terjun langsung menjajal kendaraan yang memiliki kecepatan hingga 25 knots ini. Tampak hadir Pasops Satkamla Mayor Laut (P) Andi Susanto, Kasiops, Komandan KAL Warakas, serta para Komandan Patkamla dijajaran Satkamla mendampingi Dansatkamla dalam ujicoba kendaraan anyar tersebut.

Menurut Dansatkamla, kehadiran satu unit Sea Raider dijajarannya diakui akan menambah daya gedor dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta semakin mempertajam kemampuan Satkamla dalam upaya patroli pengamanan di APBS dan APTS yang menjadi salah satu wilayah kerja Satkamla Lantamal V.

Sea Raider  yang menjadi unsur terbaru masuk jajaran Satkamla Lantamal V ini memiliki panjang 7,5 M dan lebar 3 M dan daya bobot sebesar 2.200 kg, unsur ini mampu mengangkut delapan orang anggota Satkamla untuk melaksanakan patroli.

Selain itu sea raider ini dapat dipacu maksimum 25 knots yang dihasilkan dari mesin Yamaha 2 x 85 HP. Sea Raider ini  juga dilengkapai sistem GPS cangih, Sea Raider buatan PT. Lundin Industry Invest-Indonesia ini mampu melakukan pendeteksian dan pengejaran terhadap kapal-kapal yang melakukan pelanggaran.

“Dari hasil uji coba yang berlangsung selama dua jam ini, saya beserta staf Satkamla puas dan siap untuk segera melibatkan unsur tersebut dalam setiap kegiatan patroli untuk mengamankan APBS dan APTS,” tegas perwira berdarah Ambon ini. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar