Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 24 Februari 2016

Babinsa Ramil Padas bersama PPL dan Petani Basmi Hama Wereng di Desa Pelang lor Ngawi

KABARPROGRESIF.COM : (Ngawi) Babinsa Koramil 13/Kedunggalar jajaran Kodim 0805/Ngawi, Pelda Sukandar dan  3 orang anggota bersama Mantri tani, 3 orang petugas PPL Kecamatan Kedunggalar, secara gotong royong melakukan pembasmian terhadap hama jenis Wereng Batang Cokelat (WBC) di Desa Pelang lor Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, yang sudah memopulasi dan mengancam tanaman padi, Rabu (24/2/2016).

Pembasmian dilakukan de­ngan menyemprotkan racun secara massal diinisiasi langsung Petugas Penyuluh Lapangan (PPL).

Menurut Danramil 13/Kedunggalar Kapten Inf Suparmin, hama Wereng Batang Cokelat yang meng­ancam masih ber­sifat populatif mulai berkembang dan me­ngancam tapi belum menyerang tanaman padi. Wereng Batang Cokelat termasuk jenis hama mematikan yang bakal merusak secara totalitas tanaman padi sehingga tidak bisa dipanen.

Sifatnya masih berkembang. Hama ini belum sampai menye­rang tanaman padi tapi masih populasi atau berke­mbang. Makanya kita antisipasi supaya tidak berkembang dan menye­rang tanaman padi petani,” terangnya.

Kelompok Tani Suprapto mengakui, ancaman “teror” hama Wereng Batang Cokelat cukup mere­sahkan petani dan akan me­ngancam petani mengalami gagal panen bila positif ter­serang. Upaya antisipasi dan kesigapan dengan me­nyemprot hama tersebut sangat positif untuk menyelamatkan tanaman padi yang sudah dekat masa panen.

Memang belum terserang, tapi ada sedikit sekumpul-sekumpul saya lihat tadi yang kena,” ujarnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar