Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 25 Februari 2016

Koramil Geger Intensif Pendampingan Pertanian Guna Wujudkan Swasembada Pangan di Bangkalan

KABARPROGRESIF.COM : (Bangkalan) Dukungan pendampingan ke para petani untuk mengawal swasembada pangan, terus dilakukan serius aparat TNI hingga ke tingkat Kodim, Koramil hingga Babinsa di Bangkalan.

Komandan Kodim (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., menegaskan, pihaknya akan memastikan jajaran Kodim Bangkalan, dari Koramil hingga Babinsa intensifkan pendampingan petani melaksanakann pengecekan dan monitoring tanaman padi, jagung dan kedelai,

 “Itu dilakukan untuk menyukseskan tujuan pokok program swasembada pangan di wilayah Bangkalan,” tuturnya, saat ditemui media ini di Makodim Bangkalan, Kamis 25 Februari 2016.



Ia menginstruksikan kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk melaksanakan pengecekan sawah-sawah yang mulai mengering di musim kemarau ini. Di samping itu para Babinsa diminta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi, jagung maupun kedelai di wilayah kabupaten Bangkalan ini.

“Koramil sampai Babinsa langsung saya perintahkan untuk turun ke sawah membantu petani, mengecek keadaan tanaman.  Jangan lupa didata dan segera laporkan agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” katanya, tadi pagi.

Menurutnya, upaya tersebut untuk menargetkan keberhasilan program swasembada pangan pada tahun 2017, termasuk swasembada jagung.

Menurut Letkol Sunardi Istanto, sebelumnya Kodim telah melakukan kerjasama dengan Pemkab untuk mensukseskan program swasembada pangan, tidak hanya padi dan kedelai saja namun jagung juga sangat berpotensi meningkat di Kabupaten Bangkalan.

Dikatakan Dandim, tujuan program tersebut untuk membentuk pola tanam secara kawasan sehingga ada penguatan kelembagaan. Baik dalam manajemen maupun kualitasnya, sehingga memiliki nilai tawar tinggi.

Sementara pantauan di lapangan, Komandan Koramil (Danramil) 15/Geger, Kapten Inf H Slamin Joko Darmawan bersama Babinsa Sertu Saifuddin,Serda Pujiyono,Kopda Anianto melaksanakan pendampingan petani di Desa Kampak,  Sertu Ahmadi, Serda Toni dan Serda Purwanto sedang mengecek dan mengontrol perkembangan tanaman  kelompok tani di wilayah Desa Batobela Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan. Kamis (25/2/2016), pagi.

Kapten Inf H Slamin Joko Darmawan mengatakan, tanggungjawab mengawal petanian di wilayah binaan merupakan perintah yang harus dijalankan dari Dandim. Bahkan dalam hal pertanian, anggota Koramil tidak ingin bermain-main untuk melaksanakan tugas ini semaksimal mungkin.

Dikatakan Kapten Inf H Slamin Joko Darmawan, untuk mencapai hasil yang maksimal, Babinsa diperintahkan ikut menemani petani menanam padi di sawah agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar