Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 26 September 2017

Siswa SMK KAL-II Surabaya Antusias Nobar Film G 30 S PKI


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Ratusan siswi SMK KAL-II terlihat antusias nonton bareng film pengkhianatan G30 S/PKI yang digelar Dinas Potensi Maritim Lantamal V di aula sekolah SMK KAL-II jalan Teluk Sampit 2-B Pabean Cantikan Surabaya, Rabu (26/9).

Kadispotmar Lantamal V Letkol Laut (P) Didik Dhuwijantoko pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pelaksanaan nobar ini merupakan salah satu bentuk dari komunikasi sosial yang dilaksanakan oleh Dispotmar Lantamal V sekaligus perintah dari pimpinan TNI, agar sebagai generasi penerus bangsa tidak lupa dengan sejarah, termasuk sejarah kelam yang pernah dialami oleh bangsa Indonesia.

Sejarah tersebut lanjut Didik -dapat dijadikan pelajaran agar peristiwa kelam tidak terulang kembali di masa mendatang.

Ia berharap melalui nobar ini diharapkan agar para generasi muda bisa mengerti dan memahami sejarah perjalan bangsa,  bahwa bangsa ini pernah mengalami peristiwa kelam dengan adanya peristiwa G 30 S PKI tanggal 30 September 1965.

Menurutnya,  Film ini hanyalah salah satu bagian dan bukti dari upaya pemberontakan penganut komunisme terhadap Pancasila diantara banyak pemberontakan lainnya dalam sejarah negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia berharap dengan pemutaran film tersebut para siswa SMK KAL-II juga bisa memahami bahaya laten komunis termasuk sejarah keberadaan monumen Pancasila Sakti termasuk Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober sebagai bentuk kesaktian Pancasila dalam melawan paham komunisme di Indonesia.

Sementara itu, kepala sekolah SMK KAL-II Hadi Kusumo, S.T.,M.M., mengungkapkan, kegiatan nonton bareng film pengkhiatan G 30 S PKI diikuti oleh sebanyak 450 siswa kelas siswa kelas X hingga kelas XII. Sebagai lokasi nonton bareng pemutaran film pengkhianatan G 30 S PKI SMK KAL-II dipilih karena sangat luas dan siswa menonton secara lesehan dengan fasilitas layar lebar dan fasilitas proyektor.

“Pemutaran pengkhianatan G 30 S PKI merupakan kegiatan pertama kali di SMK KAL-II dan sangat baik mengajarkan sejarah bangsa ini agar tidak dilupakan terkait komunisme,” beber Drs.Hadi.
Tidak lupa, ia beserta seluruh dewan guru menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dispotmar Lantamal V yang telah memberikan pemahaman tentang sejarah kelam Bangsa Indonesia. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar