Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 17 Juni 2017

BI Gandeng Himbara Layani Penukaran Uang di 1000 Lokasi


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Dalam rangkah menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017, Bank Indonesia menggandeng Himbara ( Himpunan Bank Milik Negara ) melakukan Layanan penukaran uang di 1000 Lokasi yang digelar serentak di seluruh Indonesia dan akan di pusatkan di Wilayah 3T yakni ,Terpencil, Terdepan dan Terluar.

Layanan Penukaran uang yang dilakukan oleh Bank Indonesia ini sebagai bentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang rupiah pecahan kecil.

" Dengan mengusung tagline “Rupiah untuk Negeri” ( Bank Indonesia dan Bank BUMN Melayani Negeri ), BI senantiasa berupaya untuk melayani masyarakat dan memenuhi kebutuhan uang dengan jumlah yang tepat dan pecahan yang sesuai." kata Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah, Titien Sumartini.

Lebih lanjut Titien Sumartini mengungkapkan, Bank Indonesia dalam hal ini telah mempersiapkan modal sebesar Rp100 milyar guna untuk mensupport 528 titik penukaran Bank Mandiri, 303 titik penukaran BRI, 205 titik penukaran BNI, dan 10 titik penukaran BTN.

" Dalam pelayanan  penukaran uang yang diselenggarakan Bank Mandiri yang disupport oleh Bank Indonesia sudah menyiapkan modal sebanyak Rp1,2 milyar. Paket yang ditawarkan masyarakat untuk penukaran adalah sebesar Rp 1,7 juta yang terdiri atas pecahan Rp 10.000 hingga  Rp 2.000." ujarnya.

Untuk wilayah Provinsi Jawa Timur Masih kata Titien Sumartini saat ini terdapat 41 titik penukaran yang telah dibuka oleh Himbara untuk melayani kebutuhan uang rupiah pecahan kecil dan disertai dengan kegiatan sosialisasi ciri-ciri keaslian uang Rupiah (CIKUR) dan cara merawat uang rupiah.

" Pada kesempatan tersebut, Bank Indonesia juga mensosialisasikan ciri-ciri keaslian uang Rupiah (CIKUR) kepada masyarakat. Masyarakat diedukasi dan dikenalkan dengan 3D (Dilihat Diraba Diterawang) agar semakin mengenal CIKUR. Selain Cikur, Bank Indonesia pun memberikan  informasi uang rupiah tahun emisi 2016 (NKRI) yang disambut dengan antusiasme masyarakat." jelasnya.

Selain itu, Pelayanan penukaran uang pecahan kecil tidak hanya di lokasi-lokasi strategis saja yang melayani kebutuhan penukaran uang. namun juga pelayanan penukaran juga dilakukan di daerah terdepan dan terluar di Jawa Timur seperti pulau Kangean dan Pulau Madura.

" Bersama RCEO Mandiri Region VIII/Jawa III membuka secara resmi salah satu kegiatan penukaran uang Rupiah untuk Negeri yang berlokasi di Pasar Porong, Pasuruan Jawa Timur." terangnya.

Titien Menambahkan, Bank Indonesia menghimbau kepada masyarakat agar dapat menukarkan uang pecahan kecil di kantor-kantor bank yang memasang spanduk penukaran maupun kegiatan kas keliling Bank Indonesia dan perbankan, karena lebih aman dan tidak dipungut biaya. Selanjutnya, masyarakat diharapkan menukar uang secukupnya dan tidak berlebihan. (Dji)

0 komentar:

Posting Komentar