Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 17 Juni 2017

Pemkot Jajaki Peluang Investasi dan Peminjaman Melalui Credit Reating


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Perwakilan Word Bank menemui Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di ruang kerjanya, Jum’at (16/6/2017) siang. Kehadiran mereka untuk mensurvei sejauh mana peringkat atau posisi finansial Kota Surabaya.

Thalita Ernandya Yuwono selaku Senior Urban Economist mengatakan, surabaya ingin melakukan pemeringkatan finansial melalui credit reating dan financial manager assement serta memberi bantuan untuk menghitung boru incapacity Kota Surabaya.

“Hasil akan terlihat ketika credit reating, financial manager assement, dan boru incapacity keluar. Credit rating dapat digunakan surabaya untuk meminjam atau menawarkan kepada investor agar melakukan invest,” terang Ernandya.

Sebelumnya, lanjut Ernandya, pemeringkatan surabaya pernah dinilai oleh Pefindo (Pemeringkat Efek Indonesia) tiga tahun lalu. Menurutnya hasil yang didapat cukup bagus yakni double A – (Double A minus).

“Pencapaian nilai yang didapat sudah setara dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat, seharusnya bisa meminjam karena fiskal capacitynya sudah kuat,” imbuhnya.

Ernandya atau yang akrab disapa Nandya juga kembali menegaskan kehadiran dirinya bersama tim di sini untuk mengetahui posisinya secara finansial atau ratingnya ada dimana.

“Sebab itu sangat berguna bagi kepentingan Surabaya,” tuturnya.

Ditanya soal syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh Pemkot untuk mengetahui posisi finasialnya. Nandya mengatakan ada beberapa data yang harus diserahkan antara lain, data-data PAD, data pengeluaran, revenue termasuk data BUMD yang ada di Surabaya.

“Nanti kita analisa semuanya itu,” terangnya.

Rencanya perhitungan rating yang akan dilakukan Word Bank tidak dapat dilakukan secara terburu-buru karena penilaian ini ada metodologi berprosesnya

“Mungkin sekitar 2 hingga 3 bulan baru keluar hasilnya,” ujar nandya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeko) Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji menambahkan, credit rating untuk memenuhi kapasitas daerah sehingga dapat melihat posisi finasial surabaya untuk meminjam uang dan mengajak investor.

“Suatu saat pemkot ingin membangun infrastruktur dan menggunakan uang hutang, nanti pemberi hutang dapat melihat atau menilai sejauh mana finansial kota surabaya melalui credit rating, Itu fungsinya,” terang Agus.

Ke depan setelah hasil pemeringkatan dikeluarkan Word Bank, Pemkot rencananya akan melakukan investasi proyek dalam waktu dekat salah satunya  pembangunan trem.

“Seperti yang dikatakan ibu Menteri Keuangan bahwa APBN tidak ada, maka disarankan memakai APBB atau APBU itu kan artinya kita disuruh invest,” tuturnya.

Agus berharap ada peningkatan hasil survei yang dikeluarkan Word Bank dalam menilai peringkat kota surabaya dari sektor finansial sehingga kepercayaan para investor untuk melakukan investasi di kota pahlawan semakin terbuka. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar