Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 23 Juni 2017

Diakhir bulan Suci Ramadhan, Ketua Jalasenastri CBS STTAL Beserta Para Pengurus Kunjungi Liponsos Keputih


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Tiga hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan 1438 H yang penuh dengan berkah, Ketua Jalasenastri Cabang Berdiri Sendiri (CBS) STTAL Ny. Ratna Siswo bersama para pengurusnya, mengadakan kunjungan sosial ke Liponsos Keputih Surabaya, Rabu (21/07).

Pada kesempatan itu, rombongan diterima secara resmi oleh  Kepala UPTD Sugianto dan dilanjutkan dengan peninjauan terhadap para penghuni Liponsos dan pemberian bantuan untuk kebutuhan sehari-hari para penghuni.

Menurut Ketua Jalasenastri CBS STTAL, kunjungan tersebut merupakan  wujud kepedulian Jalasenastri CBS STTAL terhadap kondisi para penghuni Liponsos dan sekaligus merupakan salah satu program kerja Jalasenastri CBS STTAL yang dilaksanakan secara rutin.

Liponsos Keputih Surabaya tiap tahunnya selalu menghadapi masalah sama yaitu membludaknya penghuni dari kapastias yang seharusnya. Tercatat, ada sekitar 1.5 orang dari daya tampung normal yang hanya 1000 saja. Liponsos ini memang dikenal sebagai tempat penampungan bagi orang gila yang terlunta-lunta di jalanan.

Pada kesempatan itu Kepala UPTD Liponsos Keputih mengatakan bahwa liponsos tetap berkomitmen merawat mereka semaksimal mungkin. Dalam rangka pengurangan kepadatan di dalam liponsos, pemkot bekerja sama dengan Pemprov Jatim secara berkala memulangkan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang sudah mendapat pembinaan ke daerah asal.

Selain itu, untuk mengisis kesehariannya,  ada beberapa penghuni yang mendapat pelatihan ketrampilan yang sangat membantu dalam penyembuhan mereka.

Pelatihan kerajinan tangan bagi para penghuni UPTD Liponsos Keputih ini pertama kali digagas pada 2012.

Mereka yang diperbolehkan mengikuti pelatihan ini adalah penghuni dengan kondisi kejiwaan stabil. Meski  demikian, menjadi instruktur pelatihan kerajinan tangan di liponsos bukan perkara mudah, khususnya saat ada penghuni yang sesekali kambuh.  (arf)

0 komentar:

Posting Komentar