Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 27 Juli 2017

Awasi Polah Anggota TNI, Polisi Militer Tebar Tim Elang


KABARPROGRESIF.COM :  (Depok) Polisi Militer kewilayahan Kota Depok punya kiat khusus dalam meningkatkan kinerja untuk mengawasi aktivitas anggota TNI di masyarakat. Caranya, menebar Tim Elang.

Disebutkan Komandan Subdenpom Jaya/2-2 Kota Depok Kapten Cpm Febriardie Bobihoe kepada sketsaonline.com, Tim Elang ini beranggota warga yang direkrut menjadi partisipan. Peran Tim Elang ini adalah memberikan informasi kepada subdenpom tentang polah anggota TNI di masyarakat di wilayah teritorial Kodim 0508/Depok

Cara ini ditempuh Kapten Cpm Febriardie Bobihoe guna mendapat informasi yang cepat. Personal Tim Elang ini dari warga sipil yang diuji loyal dan dibentuk kepengurusan tersendiri.

“Ini adalah kiat saya untuk lebih optimal dalam mengawasi perilaku anggota TNI. Kalau ada masalah lebih cepat kami dapat dan cepat dalam bertindak. Tapi tetap, setiap informasi yang masuk dari mitra kami, Tim Elang ini, harus dikroscek dulu. Untuk menjadi mitra ini juga harus memenuhi syarat dan wajib menjaga nama baik Subdenpom,” ujarnya.

Syaratnya umumnya, harus dapat memegang loyalitas dan berdikasi kepada pengabdian kemasyarakatan, mempunyai pergaulan luas, dan supel.

Mitra Sundenpom Kota Depok ini diakuinya sudah dirasakan manfaatnya dengan penindakatan indisipliner anggotanTNI berdasarkan laporan Tim Elang.

Ditegaskannya, Tim Elang dilatih untuk menjadi informan dan dibekali kartu tanda mitra. Sedangkan kontrol mencegah penyalahgunaan yang mungkin terjadi kata Febriardie, terhadap anggota Tim Elang dievaluasi. Evaluasi ini dilakukan oleh internal pemimpin pengurus Tim Elang dan oleh Subdenpom.

“Tapi, perlu ditegaskan, keanggotaan Tim Elang ini tidak boleh disalahgunakan, buat gagah-gagahan. Juga tidak menghilangkan tindakan pidana. Kalau bigini ya, dikeluarkan dari kemitraan,” Tegas Febri.

Latar belakang partisipan Tim Elang ini dari pelbagai profesi sosial. Saat ini, dalam masa tugasnya, Kapten Cpm Febriardie Bobihoe merekrut belasan partisipan dari seantero Kota Depok. Secara bertahap, dengan selektif, dia akan menambah partisipan mitra sampai di seluruh rukun warga.

Namun, Tim Elang Subdenpom JAYA/2-2 ini diperankan tidak hanya terpaku pada informasi perihal anggota TNI, situasi kamtibmas lainya bisa juga dilaporkan kepada subdenpom yang nantinya dapat diteruskan kepada pihak terkait seperti, kepolisian dan pemerintah kota.

“Informasi keadaan koamtibmas umum juga kami tampung. Kemudian kami teruskan kepada mitra pemerintah dan kepolisian. Intinya kita senantiasa responsif dan aktif untuk menjaga ketertiban di Kota Depok,” pungkas Febriardie, diruang kerjanya, Rabu (26/7) pagi WIB. (rio)

0 komentar:

Posting Komentar