Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 25 Juli 2017

Tegakkan Disiplin Prajurit, Pomal Lantamal V Gelar Opsgaktip di Tol Waru-Perak


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Untuk menegakkan disiplin anggota berlaku tertib berlalu lintas,  Polisi Militer TNI Angkatan Laut (Pomal), Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) Surabaya melaksanakan Operasi Penegakan Ketertiban (Opsgaktib) TW lll Tahun 2017 di Gerbang Tol Waru-Perak dan Pintu Gerbang Hang Tuah, Ujung, Surabaya,  Selasa (25/7).

Dalam Opsgaktib di Tol Waru-Perak kali ini didasarkan pada adanya informasi/laporan dari masyarakat yang masuk bahwa sering ditemui adanya prajurit yang naik/turun kendaraan di gerbang tol, dimana hal ini tidak dibenarkan oleh aturan.

Opsgaktib kali ini,  Pomal Lantamal V menurunkan 16 personel Hartib pimpinan Mayor Laut (PM) Irianto dan empat personel Lidpam pimpinan Mayor Laut (PM)  Agung mulai pukul 06.00 wib sd 07.00 Wib.

Dalam operasi yang berlangsung satu jam ini,  terjaring satu anggota yang berusaha mencari tumpangan di gerbang Tol Waru, dan akan diserakhan kesatuannya untuk dilakukan pembinaan.
Menurut Komandan Polisi Militer Angkatan Laut (Danpomal)  Lantamal V Letkol Laut (PM)  khoirul Fuad,  S.H. mengatakan bahwa pada hakekatnya, Operasi Penegakan Ketertiban merupakan tugas pokok dari Pomal untuk menegakkan displin seluruh anggotanya.

Operasi Gaktib ini rutin ini bertujuan untuk penegakan hukum serta tata tertib di wilayah hukum Lantamal V Surabaya, salah satunya menertibkan prajurit yang naik dan turun serta mencari tumpangan di gerbang tol ini.

"Hal ini tidak dibenarkan, dan perlu ditertibkan,  mengingat dinas dalam hal ini satuan-satuan masing telah menyiapkan Lyn berupa bus dan truck ke tujaun kota masing-masing," terangnya.
Upaya penertiban ini lanjut Fuad -akan digelar berkala setiap minggunya secara acak dan tanpa pemberitahuan hari H dan Jam J nya, baik waktu pagi maupun saat pulang kantor. "Bila masih ada yang membandel dan terjaring dalam Opsgaktib,  maka akan diproses sesuai aturan yang berlaku," tegasnya.

Selain gelaran Opsgaktib di gerbang Tol Waru-Perak, dalam waktu bersamaan juga digelar Opsgaktib di Pintu Gerbang Hang Tuah,  Koarmatim, Ujung,  Surabaya.  Sasarannya adalah para prajurit yang menggunkan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Operasi yang dilakukan berupa penertiban dan pemeriksaan pengunaan atribut dan kelengkapan berkendaraan,  kelengkapan seragam TNI serta surat-surat kelengkapan kendaraan bermotor dinas serta pribadi seluruh Prajurit serta PNS yang berdinas di satuan-satuan DBAL Koarmatim.

"Dengan adanya Opsgaktib ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan prajurit TNI AL dalam berlalu lintas guna menghindarkan dari kecelakaan yang biasanya diawali dari pelanggaran berlalulintas, "pungkasnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar