Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 25 Juli 2017

Korem 081Terima Pembekalan Keimigrasian


KABARPROGRESIF.COM : (Madiun) Dalam rangka menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat di wilayah jajaran Korem 081/DSJ Anggota Korem 081/DSJ dan Perwakilan dari Anggota Kodim jajaran menerima Pembekalan tentang keimigrasian dari Kantor Imigrasi Tingkat II Madiun yang disampaikan oleh Kepala Imigrasi Madiun Sigit Roesdianto, S.H., M.M di Aula Makorem 081/DSJ Jl. Pahlawan no 50 Kota Madiun. Selasa(25/7/17)

Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, S.E menyampaikan Sejak dahulu keamanan menjadi salah satu indikator penting dari keberadaan suatu negara. Keamanan suatu negara bukan saja dilihat dari kesejahteraan warga negaranya tetapi juga dilihat dari hubungannya dengan negara lain. Standar keamanan negara Indonesia sendiri dikatakan terjamin dengan adanya pertahanan dan ketertiban.

" Pertahanan Indonesia dilihat dari cakupan TNI sedangkan ketertiban dilihat dari cakupan polisi, ini menjelaskan bahwa indikator pertahanan dijamin oleh keberadaan militer sedangkan ketertiban dijamin dengan keberadaan kepolisian. Keamanan dibayangkan seperti keadaan dimana tidak lagi ada ancaman yang dialami, baik itu oleh individu maupun negara. " paparnya.

Ancaman yang dimaksud lanjutnya, tidak saja datang dari negara lain, tetapi juga dari aktor-aktor Non-Negara seperti aktor terorganisir lintas negara. Aktor-aktor Non-Negara tersebut berpotensi mengancam kestabilan suatu negara. Indonesia sendiri tengah mengahadapi ancaman semacam ini, seperti terorisme, separatisme, kejahatan lintas negara, imigran gelap, dan masih banyak lagi.

" Kejahatan lintas negara, atau yang dikenal dengan istilah kejahatan transnasional menimbulkan banyak kerugian bagi suatu negara, bahkan bagi daerah - daerah tertentu didalam negara," tegas Danrem

Lebih lanjut Kolonel Inf Sidharta mengatakan Berbagai penyimpangan yang dapat dilakukan, seperti pengeksploitasian sumber daya (sumber daya alam dan sumber daya manusia yang terlalu berlebihan berdampak kepada manusia yang ada dunia, dengan munculnya atau menguatnya masalah-masalah, seperti kemiskinan, konflik, dan kerugian lainnya yang bersifat materi. Bencana alam pun menjadi salah satu masalah yang kemudian dipertanyakan sebab akibat munculnya terkait dengan praktek kejahatan antar bangsa yang mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan.

" Kejahatan transnasional berhasil menjadi masalah bersama, masalah nasional dan internasional. Indonesia sebagai salah satu negara di dunia juga memiliki potensi yang kuat terjadinya praktek kejahatan transnasional. Imigran gelap merupakan salah satu dari bentuk kejahatan transnasional yang tengah mengancam di negara kita." jelasnya.

Turut hadir dalam pembekalan tersebut  Kasrem 081/DSJ Letkol Inf Jemz Andre Ratu Edo, S.Sos, Para Kasi Korem 081/DSJ dan Para Pasi Korem 081/DSJ. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar