Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 12 Juli 2017

Buka BJRB 2017, Danlantamal V: TNI AL Terpanggil Berperan Aktif Tumbuhkembangkan Jiwa dan Semangat Bahari Generasi Muda Bangsa


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI AL tahun 2017 resmi dibuka, TNI AL terpanggil untuk ikut berperan aktif dalam menumbuh-kembangkan  jiwa dan semangat bahari bangsa khususnya kepada generasi muda.

Hal ini disampaikan Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Laksamana TNI Edi Sucipto, S.E.,M.M, falam amanat tertulisbya yang dibacakan Wafan Lantamal V Kolonel Marinir Nana Rukmana, S.E. pada acara pembukaan BJRB  2017 yang  dilaksanakan di Gedung Serba Guna,  Mako Lantamal V, Surabaya (12/7).

BJRB merupakan kegiatan tahunan TNI AL ysng dilaksanakan Lantamal untuk mengisi liburan sekolah pelajar SMP/SMA dengan kegiatan positif dan bermanfaat serta meningkatkan pembinaan mental rohani, ideologi dan mental juang semangat jiwa bahari.

Kegiatan BJRB kali ini, dikuti oleh 136 siswa/siswi (pria 76, putri 60) guru pendamping 7 orang, panitia 51 orang dari Lantamal V untuk tingkat SMP dan SMU sederajat dengan tema “Melalui Bintal Juang Remaja Bahari 2017, Kita Tumbuhkan Mental Remaja Yang Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cinta Tanah Air Dan Berjiwa Bahari”.

Menurut Edi -sapaan akrab Fanlantamal V ini-  mengajak seluruh peserta yang hadir dalam acara pembukaan BJRB tahun 2017 untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wata’ala , karena berkat limpahan rahmat dan hidayahNya, pada hari ini kita dapat menghadiri upacara  pembukaan kegiatan bintal juang remaja bahari tahun 2017 dalam keadaan sehat wal’afiat.
Kita labjut Edi, menyadari bahwa pembangunan kelautan mencakup berbagai aspek dan melibatkan berbagai disiplin ilmu, sehingga keberhasilannya membutuhkan peran aktif segenap komponen bangsa untuk bersama-sama memberikan kontribusi maksimal bagi upaya peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup bangsa Indonesia.

Peran aktif tersebut kata Edi, kini telah dicanangkan oleh Presiden RI bapak H. Ir. Joko widodo yaitu Indonesia sebagai poros maritim dunia,  dimana aktualisasi pembangunan bangsa diletakkan pada kerangka wawasan nusantara yang menempatkan pembangunan kelautan secara proporsional dalam tataran pembangunan nasional secara menyeluruh.

Dari kegiatan ini diharapkan akan menumbuhkan kembali visi maritim bangsa yang selama ini tampaknya semakin memudar.  Upaya ini harus dilakukan sedini mungkin dan merupakan langkah-langkah prediktif strategik yang perlu direncanakan secara konseptual, karena hasilnya akan ikut menentukan masa depan pembangunan bangsa secara menyeluruh kedepan.

Berkenaan dengan hal tersebut, TNI AL merasa terpanggil untuk ikut berperan aktif dalam menumbuh-kembangkan  jiwa dan semangat bahari bangsa khususnya kepada generasi muda.

Peserta BJRB tahun 2017 kali ini sebanyak 138 orang terdiri dari pelajar SLTP dan SLTA dari berbagai kota di Jawa Timur diantaranya Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, Blitar, Banyuwangi, Malang, Madura, Lamongan dan Trenggalek.

Tentunya pada awalnya kalian tidak mengenal satu dengan lainnya, oleh sebab itu pada kesempatan yang baik ini melalui kegiatan BJRB kalian bisa mengenal satu dengan yang lainnya dan mempererat tali silahturahmi antar peserta sehingga tercipta sebuah kekompakan antar generasi muda yang sedang melaksanakan kegiatan BJRB.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, para peserta BJRB akan menerima materi pembinaan mental rohani, dasar-dasar kepemimpinan,  pengenalan dan berlayar dengan KRI, pengenalan alat tempur Marinir, pengenalan pesawat terbang TNI AL, penyuluhan tentang kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, lesbian gay biseks transgender (LGBT)  dan krida saka bahari.
Pelaksanaan bintal juang remaja bahari kali ini diharapkan dapat  membentuk watak genrasi muda bangsa dengan keimanan dan ketaqwaan yang tulus, sikap kebersamaan, senasib dan sepenanggungan yang tidak pernah luntur, pekerja keras yang tekun  dan bersahaja, serta bijak dalam menetapkan tujuan dan keinginannya bagi kepentingan bangsa dan negara.

"Gunakan dengan sebaik-baiknya waktu dan kesempatan yang ada, supaya kegiatan ini membawa manfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan para peserta BJRB sekalian," terangnya.
Pembukaan BJRB tahun 2017 oleh Wadan Lantamal V ditandai  dengan “mengucap
“Bismillahirrohmaanirrohiim” pelaksanaan kegiatan bintal juang remaja bahari tahun  2017  di Lantamal V  “saya nyatakan dibuka”. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, dan perlindunganNya, kepada kita sekalian  dalam pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan negara tercinta.

Perlu diketahui BJRB Sebagai wadah pembinaan sangat tepat untuk dilaksanakan bagi generasi pelajar penerus cita – cita Bangsa, karena materi pembinaan diorentasikan pada peningkatan seperti kesadaran bernegara, kesadaran hukum, pengenalan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), penyalahgunaan narkoba, pengenalan Saka Bahari dan pengenalan Olah Raga Air dengan harapan dapat meningkatkan Akhlaq, Etika, Budi Pekerti, Disiplin serta semangat juang bahari yang tinggi.
Pelaksanaan BJRB Kali ini mulai dari tanggal 12 - 14 Juli 2017 dan adapun beberapa program materi atau games yang akan diberikan oleh para Pembina BJRB kali ini yaitu Materi Pembinaan Mental (Bintal), Materi Lalu Lintas (Lalin), Pengenalan Alat Selam, Materi Hukum, Outbond, Materi Narkoba, Materi Kepemimpinan dan Joy sailing dengan KRI Teluk Banten-516.

Hadir dalam Upacara Pembukaan ini, para asisten Danlantamal V, para kasatker, kadis  Lantamal V, para perwira, bintara, tamtama dan  pegawai negeri sipil Lantamal V, serta para guru pembimbing dan  segenap panitia BJRB tahun 2017. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar