Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 17 Juli 2017

Ketua Umum Jalasenastri Apresiasi Kreatifitas Bakor Jalasenastri Surabaya Gelar Lomba Kolintang, Tari dan Rias Kue Tart


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Ketua Umum Jalalasenastri  Ny. Endah Ade Supandi mengapresiasi kreatifitas Badan Koordinasi (Bakor) Jalasenastri Surabaya yang menggelar lomba Kolintang, Menari Tunggal dan Merias Kue Tart dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-71 Jalasenastri tahun 2017.

Ajang kreatifitas yang dikemas dalam lomba-lomba antar satuan Jalasenastri (persatuan istri prajurit TNI AL: Red) di wilayah Surabaya ini digelar di Gedung Panti Tjahaya Armada (PTA) dan Indoorsport, Koarmatim, Ujung, Surabaya, Senin (17/7).

Menurut Endah -sapaan akrab istri Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P ini mengatakan bahwa ajang ini selaras dengan tema yang diusung dalam peringatan HUT Ke-71 Jalasenastri yaitu "Jalasenastri bertekad meningkatkan kualitas keluarga prajurit yang kreatif, guna mendukung terwujudnya TNI Angkatan Laut yang Hebat, Kuat, Profesional dan Dicintai Rakyat".


"Kita lihat bersama, ibu-ibu anggota  jalasenastri begitu pintar, lincah, sabar, tekun dan  kreatif, di tiga lomba tersebut, hal itu diharapkan dapat menjadi pemicu bagi anggota lainnya untuk lebih kreatif menggali potensi diri guna kesejahteraan keluarga tercinta," terang Endah.

"Saya sangat kagum akan talenta ibu jalasenastri yang begutu memukau, hebat kreatif, mudah-mudahan Bakor Surabaya bisa lebih dari pelaksanaan lomba di Jakarta minggun lalu," tambahnya.

Disinggung mengenai maksud dan tujuan lomba dalam rangka HUT Jalasenastri ini, Ia menyatakan ajang ini sebagai wujud kepedulian Jalasenastri  untuk melestarikan budaya daerah dan kearifan lokal Indonesia, kemudian memberikan wadan penyaluran hobi dan bakat bagi anggota Jalasenastri, dan sebagai ajang membina silaturahmi diantara anggota di Bakor Jalasenastri Surabaya.

Event ke-71 ini  lanjut Endah, panitia mengangkat lomba kolintang, mengingat kesenian asal Sulawesi Utara ini bisa dibilang sudah identik dengan kesenian di Jalasenastri. Tiap satuan di jajaran TNI AL hampir semua memiliki alat musik ini dan dimainkan oleh anggota Jalasenastrinya.

"Hal yang membanggakan kita semua, pada event Lomba Kolintang Ibu Negara baru lalu, Tim Kolintang Jalasenastri berhasil meraih Juara 1 dan berhak atas Piala Bergilir Ibu Negara," terangnya.


Sementara  untuk lomba Tari Tunggal, kali ini mengangkat tarian dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, kedepan akan digelar bergiliran dengan kesenian atau tarian dari daerah lainnya.

Sedangkan lomba menghias kue tart dua susun, Ketum Jalasenastri ini berharap, akan memunculkan juara baru yang kompeten. Memberi semangat dan membuka peluang usaha baru dan dapat menambah nilai secara ekonomis bagi keluarga.

"Oleh karena itu, jangan berhenti setelah lomba saja, gali terus talenta dan bakat yang dimiliki untuk kedepan yang lebih baik," pungkasnya.

Sementara itu Ketua Bakor Jalasenastri Surabaya yang juga Ketua Korcav V DJAT selaku ketua panitia lomba mengatakan bahwa lomba Kulintang, Tari Tunggal dan Merias Kue Tart dua susun ini diikuti oleh 13 Kotama dan Satuan TNI AL diwilayah Surabaya. Ke-13 Kotama tersebut antara lain Koatmatim, Kodiklatat, AAL, Puspenerbal, Dispesial, Lantamal V, Pasmar I Surabaya, STTAL, RSAL Dr. Ramelan, Satlinlamil, Kolatmar, Lanmar dan Balurjaltim.

Untuk lomba Tari Tunggal dan Merias Kue Tart diikuti oleh 13 peserta, sedangkan lomba Kolintang hanya diikuti sembilan peserta saja yaitu Koarmatim, Kodiklatal, AAL, Puspenerbal, Dispesial, Lantamal V, Pasmar 1 Surabaya, Satlinlamil dan Lanmar Surabaya.

Untuk menjaga netralisa dan kualitas lomba, panitia menunjuk  tim juri dari akademisi dan praktisi berpengalaman. Tribroto, S.Pd, Nurul Akhmad, S.Pd dan Ari Mukti Setjorini,S.Pd. didaulat sebagai tim Juri Tari, Tim juri lomba Kue Tart dipercayakan kepada Suzan Gadi, Mia Sunaryo dan Inna Thakib, sedangkan Juri kolintang diserahkan kepada Doni Peta, Ibrahim Djibran dan Ricky Loho.

Hasil keputusan juri melalui sidang akhirnya memutuskan untuk lomba Tari Tunggal Juara 3 Nilai  210 No 05 (Puspenerbal), Juara 2 Nilai  232 No 06 (Armatim), Juara 1 Nilai  245 No 09 (Pasmar-1).

Untuk lomba Menghias Kue Tart : Juara 3 Nilai 640  No. 11 (Balur Jatim), Juara 2 Nilai 680 No. 12 (Kodiklatal), Juara 1 Nilai 700 No. 10 (Pasmar -1).

Sedangkan lomba Kolintang, Tampil sebagai Juara 3  nilai 2355 No. 06 ( Kodiklatal), Juara 2  nilai 2389 No. 03 ( Satlinlamil) dan  Juara 1  nilai 2393 No. 05 diraih oleh ( Armatim). (*/arf)

0 komentar:

Posting Komentar