Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 01 Oktober 2017

Danlantamal V Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Gedung Negara Grahadi


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Komandan Pangkalan Utama TNI AL  (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., didampingi Ketua Korcab V DJAT Ny. Herniwati Edi Sucipto menghadiri upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober yang dilaksanakan di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu, (1/10).

Upacara peringatan Kesaktian Pancalila dan mengenang pPahlawan Revokusi ini,  dipimpin Inspektur Upacara Gubernur Jawa Timur Dr. Soekarwo, S.H., M.Hum., upacara ini diikuti pula ribuan peserta dari berbagai lembaga pemerintah dan elemen masyarakat di Jawa Timur.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini mengusung tema “Kerja Nyata Untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud Pengamalan Pancasila”. Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta dalam rangka mengenang jasa para pahlawan dan pembacaan teks Pancasila.

Sebagaimana kita ketahui,  peringatan1 Oktober sebagai hari kesaktian Pancasila memang sebuah konstruksi sosial atas kemampuan bangsa Indonesia untuk memenangkan pertarungan melawan pemberontakan PKI yang ingin menggantikan NKRI yang berdasar atas Pancasila dengan ideologi komunisme.

Kegagalan  kaum komunis untuk mengubah konsepsi dasar negara melalui Gerakan 30 September yang menewaskan pahlawan revolusi, antara lain: A. Yani, D.I. Panjaitan, M. T. Haryono, Sutoyo, dan lain-lain. Jadi, peristiwa Gerakan 30 September 1965 adalah peristiwa sejarah yang tidak boleh dilupakan atas nama HAM, demokratisasi dan reformasi.

Reformasi tidak akan bisa mengubah kejadian pemberontakan PKI di Madiun, Pemberontakan PKI tahun 1965. Boleh saja orang menyusun memoar bantahan terhadap peristiwa Gerakan 30 September 1965. Namun harus tetap diyakini bahwa PKI telah melakukan makar terhadap pemerintah Republik Indonesia, NKRI yang berdasar Pancasila.

Hadir dalam upacara tersebut diantaranya, Drs. Syaifullah Yusuf (Wakil Gubernur Jawa Timur), Abdulhalim Iskandar (Ketua DPRD Prov. Jatim), Dr. H. Ahmad Sukardi (Sekda Prov. Jatim), Mayjen TNI Kustanto Widiyatmoko (Pangdam V Brawijaya), Laksda TNI Darwanto, SH. MA (Pangarmatim), Irjen Pol Machfud Arifin (Kapolda Jatim), Maruli Hutagalung (Kajati Jatim), Pujiono Akhmadi, SH, MH (KPT Jatim), Brigjen TNI Mar Widodo Dwi Purwanto (Kasgartap III), Komandan Kobangdikal, Gubernur AAL, Ka. Binda Prov. Jatim dan segenap tamu undangan lainnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar